Minggu, 21 Oktober 2012

Kesimpulan Tugas Grafik Komputer

Grafis, Bitmap, Vektor, dan Oktet

Grafis adalah suatu bentuk komunikasi berupa gambar yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Contoh software-nya: Adobe Photoshop dan Corel Draw.  

Bitmap adalah gambar bertipe raster yang mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambarnya. Contoh bitmap: .bmp, .jpg, .gif. 

Vektor adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk garis, dan bagian-bagain lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar. Ukuran file relatif kecil dan jika diubah ukurannya kualitasnya tetap. Contoh file vektor adalah .wmf, swf , cdr dan .ai.

Octet adalah suatu tipe gambar yang intensitas pixelnya menggunakan metode Image Adjustment, Brightness/Contrass, Image Clolor Balance, Layer Multiply dengan tampilan format RGB dan JPEG. 

Convert dari Bitmap ke Vektor dan Vektor ke Bitmap 

Mengubah gambar Bitmap ke gambar Vektor bisa dilakukan menggunakan perangkat lunak pengolahan gambar vektor seperti CorelDraw, Corel Trace, Adobe Flash, dan lain-lain.
Cara mengkonversi gambar Bitmap ke gambar Vektor melalui Corel Draw adalah:

  1. Buka aplikasi Corel Draw.
  2. Lalu Export file ke Bitmap.
  3. Pilih menu Bitmap, kemudian klik Quick Trace atau gunakan Centerline Trace dan Outline Trace, pilih sesuai dengan keinginan anda.
  4. Maka jadilah sebuah gambar Vektor.

      Mengubah gambar Vektor ke gambar Bitmap sebaiknya menyimpan format gambar Vektor untuk mempertahankan gambar.
Cara mengkonversi gambar Vektor ke gambar Bitmap :
  1. Buka aplikasi Corel Draw.                                                  
  2. Cari file gambar Vektor yang akan dibuat ke gambar Bitmap.
  3. Pilih menu Bitmap, kemudian klik Convert to Bitmap.
  4. Lalu akan muncul sebuah menu box Convert to Bitmap, sesuaikan resolusinya sesuai dengan keinginan anda.
  1. Jika sudah disesuaikan dengan keinginan anda, lalu klik OK.
  2. Maka tipe gambarnya akan berubah menjadi Bitmap.
http://2.bp.blogspot.com/-cPsEIfEiRIo/TptkgZKLQkI/AAAAAAAAAME/MQEoCCSCzzE/s200/vektortobitmap1.png

Kasus menggunakan Bitmap dan Vektor

Contoh kasus menggunakan bitmap adalah disaat kita mengolah foto-foto. Contoh untuk editing foto, karena pada bitmap itu terdiri dari kolaborasi titik-titik atau pun warna sehingga grafis yang di hasilkan akan terlihat lebih real atau nyata, semakin banyak titiknya maka kualitas semakin bagus. Karena tingkat kerapatan dari titik-titik maupun warna tersebut semakin padat sehingga tidak terlihat pecah-pecah. Sedangkan menggunakan Vektor disaat kita ingin membuat spanduk dengan berbagai ukuran, karena sudah kita ketahui bahwa kelebihan utamanya adalah kualitasnya tidak akan menurun walaupun di perbesar beberapa kali pun, jadi jika dicetak ukuran besar atau kecil kualitas gambarnya tidak akan rusak pada saat kita lakukan perbesaran.

Penerapan Teknologi Informasi Dalam Budaya

Teknologi Informasi (TI) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Sedangkan Budaya atau kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Teknologi Informasi berkembang sangat cepat dan memberi kesempatan bagi semua orang untuk mengakses informasi secara cepat dan akurat. Namun, Penerapan Teknologi Informasi dapat merubah jati diri dan budaya bangsa secara perlahan. Orang lebih suka bersosialisasi melalui media sosial dibanding dengan cara bertemu langsung, kemudian permainan anak tradisional yang mulai tenggelam ditengah-tengah permainan yang menggunakan teknologi ini. Dan itulah manfaat dan kekurangan dari Teknolgi Informasi dalam kebudayaan kita.

Etoys

Etoys adalah perangkat lunak pendidikan untuk mengajarkan gagasan-gagasan anak yang kuat dengan cara menarik media kaya authoring lingkungan dan sistem pemrograman visual. Etoys adalah sebuah program perangkat lunak bebas yang bekerja pada hampir semua komputer pribadi. 

Sejarah Singkat Etoys
Squeak awalnya dikembangkan di Apple pada tahun 1996 oleh Dan Ingalls. Squeak adalah implementasi Smalltalk, berorientasi objek, berbasis kelas, dan reflektif, yang berasal dari Smalltalk-80 di Apple Computer. Squek dikembangkan oleh beberapa pengembang Smalltalk-80 asli, termasuk Dan Ingalls, Ted Kaehler, dan Alan Kay.

Fitur pada Etoys
Sistem Etoys didasarkan pada gagasan yang berjenis virtual program pada layar komputer.
Etoys menyediakan media yang kaya authoring lingkungan dengan model, objek sederhana kuat ditulis untuk berbagai jenis objek yang dibuat oleh pengguna-akhir. Etoys termasuk 2D dan 3D grafis , gambar, teks, partikel, presentasi, halaman web, video, suara dan MIDI, kemampuan untuk berbagi desktop dengan pengguna lain di Etoy real-time, begitu banyak bentuk mendalam tentang mentoring dan bermain dapat dilakukan melalui internet.

Blender 

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 Dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender tersedia untuk berbagai sistem informasi, seperti: 

  • Microsoft Windows 
  • Mac OS X
  • Linux
  • IRIX
  • Solaris
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OPENBSD
Blender 3D memberikan fitur – fitur utama sebagai berikut :
  1.  Interface yang user friendly dan tertata rapi.
  2. Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
  3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform.
  4. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
  5. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
  6. File Berukuran kecil.
  7. Dan tentu saja gratis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar